Sabtu, 09 Februari 2013

Dimulai Dari Hal Yang Kecil

Wellcome 2013, Saat ini saya ingin bercerita mengenai hal yang bisa dibilang sangat sepele sekali tapi dampaknya sangat bisa. Jakarta ibu kota kita tercinta saat ini sedang dilanda banjir yang saya bilang parah, karena apa banyak pusat kota yang terkena efek dari derasnya hujan belakangan ini. Ditambah jebolnya kanal timur yang mengakibatkan daerah Latuharhari terendam cukup parah. Disana banyak sekali perkantoran mewah dan rumah-rumah berlantai 2 yang cukup megah tak kalah ikut terendam.
Well, saya ingin bercerita mengenai apa yang saya alami mungkin ini bisa menjadi pembelajaran bagi para calon orang tua dan diri kita sendiri. Suatu hari saya pergi dengan kakak saya ke daerah pusat pembelanjaan di daerah Depok. Saat itu saya menemani kakak saya yang ingin belanja keperluan sehari-harinya. Karena sudah sore kami memutuskan untuk pulang, kami biasa menaiki angkot yang isinya ada 1 keluarga yang terdiri dari 3 anak dan orang tua, dan seorang ibu yang membawa putri kecilnya yang cantik. Saat itu memang habis hujan dan saya sempat mengobrol sama mba saya mengenai banjir.
Seperti biasa yang namanya di angkot pasti kami secara tidak sengaja melihat tingkah laku para penumpang dan mendengar apa yang mereka bicarakan *bukan kepo yah* hehehe. Di dalam angkot kebetulan terdapat sebut saja keluar A yang terdiri (bapak, ibu dan 3 anaka) dan keluarga B (Ibu dan putrinya). Saat itu sang anak dari Ibu A memakan sesuatu yang pastinya menyisakan bungkusan, ketika anak itu bingung mau dibuang kemana, sang ibu pun bilang “buang keluar jendela saja”. Tidak selang lama si anak Ibu B makan permen yang pasti meninggalan bungkusan kecil, dan si ibu B bilang “nanti saja dibuang di rumah yah, kalau buang keluar nanti banjir”. Waw saat itu saya terkejut secara diam-diam takut ibu A ini mendengar dan tersinggung tetapi sepertinya beliau tidak mendengarnya. Saat itu saya mendapat pembelajaran bahwa ilmu dan perkataan yang diberikan oleh sang ibu pasti akan diingat oleh sang anak. Untuk para calon orang tua mulailah kita belajar sejak dini, agar mereka bisa membiasakan kebiasaan yang baik. Dan ilmu itu penting sekali, tetapi kita sebagai orang tua jangan asal saja memberikan ilmu tersebut. Sekian cerita saya untuk saat ini semoga dilain waktu saya bisa share tentang tema yang lain. Wassalam Icha J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar