Minggu, 22 Juli 2012

Seminar Zakat at UNJ

Haloo kembali lagi nih keseruan terjadi kepada kami keluarga SEF Gunadarma. Hari pertama puasa di bulan Ramadhan kami sudah mencari ilmu jauh-jauh ke daerah Rawamangun. Tepat Sabtu 21 Juli 2012 kami menghadiri Seminar di Universitas Negri Jakarta atau UNJ. Kami menghadari Seminar Umum Ekonomi Syariah yang diadakan oleh KSEI UNJ. Sekitar pukul 10.00 WIB kami berkumpul di kampus D Depok untuk pergi bersama kesana, karena kita sepakata untuk naik Patas yang datengnya 1 jam sekali ya apa boleh buat kita nunggu sekita 1 jam disana. Alhamdulillah bis yang kami tunggu datang, saat itu perjalanan kami sangat lancar ± 30 menit kami sudah sampai di UNJ. Sempat bertanya-tanya orang disana  Gedung UPT Perpusatakan Kampus A untungnya tidajk jauh dari gerbang depan kampus, hehehe maklum siang-siang kalau jalan jauh lumayan. Apalagi dengan keadaan mereka yang sedang puasa, walaupun saya lagi ndak puasa tapi map saat itu panasnya lumayan bikin lemes, hehehe.

Sesampainya disana, kami langsung menuju Mesjid di sekitar tempat seminar. Mesjid tersebut di depannya bertuliskan Mesjid Alumni, sedikit unik karena biasanya nama Mesjid berasal dari bahasa Arab, tapi ini kenapa namanya Alumni yaaa?? *ok abaikan*. Setelah mereka selesai solat kami langsung menuju tempat seminar. Waw ternyata peserta paling banyak dari Gunadarma, Masya Allah sekitar 40 orang yang hadir dari SEF *emmazing*. Ok saatnya kita memperhatikan seminar.

Seminar kali ini bertemakan “Share Zakat For Building Pillar ofn Sharia Economic”, pembicara pada siang hari ini yaitu ada 3 pembicara yang sangat berkompeten, yaitu : Bpk. Cecep Maskanul Hakim. M. Enc. (DSN MUI, Peneliti Senior Bank Indonesia) beliau dalam seminar ini  bahwa untuk fiqih tentang zakat harus diluaskan lagi disisi perhitungan, penyaluran, pengelolaan, karena betapa banyaknya aspek keuangan yang tidak tersentuh. Pembicara kedua yaitu Bpk. Irfan Syauqi Beik, Ph.D (ketua umum study ekonomi syariah FEM IPB) menurunya 3 pilar perekonomian yaitu Zakat Infak Sodaqoh, sector rill, dan sector keuangan. Dan pembicara ketiga yaitu Bpk. M. Fuad Nasar, MSc.

Selesai acara kami langsung menuju mesjid untuk solat Ashar, berhubung ini puasa pertama kami memutuskan untuk buru-buru pulang ke rumah karena ingin buka puasa bareng keluarga. Perpisahan pada hari berakhir di depan kampus UNJ, ada yang naik busway, ada yang naik bis patas ada juga yang naik motor. Banyak keseruan di hari itu yang tidak bisa saya ceritakan secara detail, karena biar menjadi rahasia antara aku, kamu dan mereka. *ahaaide* hahaha
Ok inilah ceritaku, apa ceritamu?? *to be continue*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar